Tips Cara Memulai Usaha Baru Dari Nol Tanpa Modal

Posted on

Beberapa hari yang lalu aku menyaksikan tayangan televisi.Motivasi hidup seorang pengusaha sukses, Bob Sadino. Yap Benar!Artikel motivasi kali berasal dari orang yang mempunyai ciri khas memakai celana pendek itu.

Banyak kata inspirasi yang keluar saat wawancara di acara televisi itu, Hingga dapat menggugah kita menjadi orang sukses. Apa saja motivasi hidup yang dia berikan terutama dalam karir.

Jangan mengeluh dengan keadaan

Benar saudara! Hanya 4 kata pandangan baru singkat diatas yang sesungguhnya menurut motivasi hayati. Bukan hanya karir saja melainkan setiap elemen yg selalu kita kerjakan sehari-hari. Dan inilah inti menurut artikel motivasi kali ini.

Apa saja artikel motivasi juga motivasi hayati tadi?? Sebelumnya kita kembali lagi ke masa lalu mengenai tema Acara televisi itu:

?Cara memulai usaha tanpa kapital?

Tunggu dulu! Bagaimana bisa memulai usaha tanpa modal. Ini yg dikatakan pak Bob Sadino : Motivasi hayati dari orang yg mengeluh…

Kamu : Gimana nih pak kok hidup saya gagal maning gagal maning

Bob Sadino : Lho kok bisa gagal

Kamu : nggak diterima kerja dimana-mana. Apalagi di perusahaan bapak 😀

oBob Sadino : Kalau nggak diterima kerja, usaha donk!

Kamu : Tapi pak saya nggak punya modal buat usaha

Bob Sadino : Hmm..gimana kalu saya kasih kamu pinjeman modal biar jadi orang sukses.

Kamu : Wah makasih Pak! tapi usaha apa ya Pak! saya nggak punya ide

Bob Sadino : Saya sih punya ide usaha yang cocok buat kamu. Mau nggak!

Kamu : Wah terima kasih sekali pak! Tapi gimana kalau idenya nggak cocok.

Bob Sadino : ya dicoba dulu aja(sedang memberikan kata inspirasi)

Kamu : Baiklah Pak akan saya coba! Tapi pak gimana kalau gagal.

Bob Sadino : mau jadi orang sukses harus cari kegagalan, karena kegagalan akan membuat kita belajar untuk masa depan(kata bijak yang patut kita tiru bukan).

Kamu : Ya saya siap pak. Tapi Maaf kalau saya gagal…apa ada keringanan dalam pengembalian modal

Bob Sadino : ……

Anda mampu lihat diatas, Orang itu telah diberi fasilitas masih mengeluh dengan keadaan. Benar-benar motivasi hayati orang gagal. Berbeda menggunakan Bob Sadino :

Ceritanya ketika orang sukses ini masih sebagai orang miskin. Dia nggak punya kapital & nggak diterima kerja dimanapun. Kasihan banget ya! Tapi karena motivasi hayati nya yang luar biasa Bob Sadino memiliki inspirasi?.

Melihat tetangganya acapkali membuat kue & menjualnya. Dia memperlihatkan sesuatu ke tetangganya.

Bob Sadino : Wah saya lihat ibu banyak buat kue..tapi apa nggak lelah tuh Bu, jika harus menjualnya juga.

Tetangga: Ya lelah Mas, akan tetapi demi menghidupi keluarga.

Bob Sadino : Gini aja, saya punya ide…Ibu nggak usah lagi jualan. Biar Ibu buat kuenya aja…nanti saya deh yang keliling-keliling buat jualin kue Ibu. Tapi bagian saya bisa diatur kan 😀

Tetangga : boleh juga..tapi nanti kalau kejual sedikit. maaf Mas! Malah tekor saya bayar Mas Bob.

Bob Sadino : Ibu kan waktu ngejualnya dikit..kebanyakan malah buat kue. Kalau Ibu dan saya bagi-bagi tugas. Ibukan bisa buat kuenya lebih banyak…dan saya juga bisa ngejualnya lebih banyak karena waktunya lebih lama. Dicoba aja dulu seminggu ini…kalau nggak bagus. Ibu nggak usah bayar saya deh.

Tetangga : hmmmmmm…(baru mikir)

Tetangga : Ya boleh! mulai besok ya mas!!!

Nah hebat kan, bisa memulai usaha tanpa sepersenpun modal. Motivasi hayati seperti inilah yang wajib kita tanamkan dalam pribadi kita. Motivasi hidup dari orang sukses.

Jangan sekedar mengkritik keadaan. Menyalahkan orang lain, menyalahkan orang tua yang miskin, menyalahkan pemerintah yg gagal. Memang benar setiap orang sukses niscaya terdapat orang lain yg membantunya. Tapi 80% itu tetap tergantung dalam diri orang sukses itu sendiri.

Artikel motivasi ini, ada penambahan dan kekurangan serta ditambah dengan sedikit dramatisasi. Karena aku relatif lupa gimana alur cerita program televisi tersebut.

Sumber : http://mitra-motivasi.blogspot.com/2010/05/beberapa-hari-yang-lalu-aku-menyaksikan.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *