Tips Cerdas Memenangkan Persaingan Bisnis

Posted on

Bisnis apapun memiliki peluang yang sama besar untuk menjadi sukses. Yang perlu dipahami adalah untuk memulai sebuah bisnis maka yang paling penting adalah keberanian untuk gagal serta seberapa kuat Anda mampu untuk bertahan di dalamnya,bahkan seberapa cepat Anda bangkit dari kejatuhan Anda, seperti ungkapan dari Napoleon Bonaparte, “Saya tidak pernah khawatir tentang apa yang akan saya lakukan untuk memenangkan pertaruangan, tetapi saya selalu tahu  dengan tepat apa yang saya lakukan ketika saya kalah dalam pertarungan.” Berikut ini adalah beberapa tips untuk menjalankan bisnis dengan tepat dan memenangakan persaingannya:

A. Be The First. Sebagi orang yang pertama dalam menjalankan suatu bisnis akan memberikan Anda peluang kesuksesan lebih besar disbanding menjadi seorang follower. Menjadi yang pertama membuat Anda dikenal lebih awal dan dianggap sebagai pelopor bisnis Anda. Sebuah kategori produk/jasa yang benar-benar baru menjadikan Anda pemain tunggal di kategori tersebur dan tidak perlu berkompetisi dengan pebisnis yang lain. Pasar hanya perlu diedukasi tentang manfaat dan fitur produk/jasa yang Anda tawarkan jika produk tersebut memang memberikan solusi bagi konsumen. Setelah itu, tinggal menunggu waktu untuk melihat bisnis Anda menggelinding seperti bola salju meraih kesuksesan. Apakah masih ingat ketika Honda ragu-ragu (akan penerimaan pasar) untuk mengeluarkan produk skutik? Yamahalah akhirnya yang memenangkan persaingan dan mendapat keuntungan besar, karena berani berspekulasi menjadi yang pertama mengeluarkan produk skutiknya. Dan Honda pun akhirnya harus membayar mahal ‘keragu-raguannya’, dengan image baru bahwa motor skutik adalah Yamaha.

B. Be The Deferent. Peta persaingan bisnis saat ini seperti peranga yang berdarah-darah. Kompetisi sangat keras, ia akan melindas pemain yang tidak bisa bersaing. Karena itulah, Anda harus bersaing dengan menyediakan produksi/jasa yang memiliki keunggulan. Keunggulan inilah yang membedakan Anda dengan competitor. Produk/Jasa Anda akan langsung dikenal konsumen karena perbedaan tersebut. Hindari penggunaan faktor harga sebagai pembeda produk Anda dengan competitor. Tapi carilah faktor unik lain dari produk/Jasa Anda.

C. Be The Best. Tidak mudah menjadi yang terbaik di segala bidang. Carilah satu faktor yang bisa Anda kerjakan dengan sangat baik sehingga karena faktor tersebut, bisnis Anda menjadi yang paling baik daripada competitor. Anda cukup menjadi yang terbaik di satu faktor, tidak perlu berambisi menjadi terbaik di segala faktor. Dengan satu faktor itulah, membuat bisnis Anda dilirik oleh para konsumen dan sulit bagi para konsumen menolak tawaran dari Anda. Karena tidak akan mendapatkan faktor tersebut dari competitor yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *