Ujian Bahasa Dan Tes Keterampilan CPMI (Calon Pekerja Migran Indonesia) ke Korea Selatan

Posted on

Cara mengikuti ujian bahasa Korea atau EPS-TOPIK & test ketrampilan untuk bekerja ke Korea Selatan. Artikel ini adalah kelanjutan dari artikel sebelumnya yg membahas prosedur pendafaran mulai menurut pra registrasi online, pendaftaran ulang dan pembuktian dokumen, serta pembagian angka ujian buat ujian bahasa Korea atau lebih dikenal dengan sebutan ujian EPS-TOPIK (Employment Permit System ? Test Of Proficiency In Korean).

Baca Sebelumnya: Cara Mendaftar Online Untuk Ikut Ujian EPS-TOPIK Penempatan TKI ke Korea Selatan

Bagi anda yang lulus verifikasi dokumen dan sudah mendapat jadwal ujian, anda wajib mengikuti ujian sesuai jadwal yang anda peroleh di dalam pengumuman. Mulai dari lokasinya, hari apa, dan juga sesi ujian yang ke berapa. Misalnya anda dapat ujian sesi pertama, tapi kemudian terlambat datang, maka anda tidak diperbolehkan mengikuti ujian pada sesi kedua atau sesi berikutnya.

Ujian Bahasa Dan Tes Keterampilan CPMI (Calon Pekerja Migran Indonesia) Ke Korea Selatan

Di lokasi ujian nanti ada orientasi atau penjelasan seputar tata cara mengikuti ujian EPS-TOPIK. Sehingga anda harus datang 1 jam sebelum pelaksanaan orientasi tersebut, dan harus sudah masuk ke dalam ruang ujian paling lambat 30 menit sebelum pelaksanaan orientasi. Bagi yang datang terlambat tidak diperkenankan mengikuti ujian.

Sebelum memasuki ruang ujian jua akan dilakukan verifikasi dan inspeksi sidik jari (fingerprint). Hal ini buat memastikan bahwa peserta yg ikut ujian adalah peserta yang telah lulus pra pendaftaran serta buat menghindari adanya joki ujian.

MENGIKUTI UJIAN BAHASA KOREA ATAU EPS-TOPIK

Yang wajib dibawa pada waktu anda akan mengikuti ujian EPS-TOPIK adalah:

1. Asli bukti potongan formulir pendaftaran (Kartu Ujian).

Dua. Asli KTP Elektronik atau Paspor yang dipergunakan pada waktu verifikasi dokumen registrasi.

Jika tidak membawa berkas-berkas tersebut, anda nir diperkenankan mengikuti ujian.

Dalam pelaksanaan ujian, anda wajib tampil rapi menggunakan baju berkerah dan bersepatu. Selama ujian berlangsung, anda dilarang keluar ruangan ujian dengan alasan apapun sebelum waktu ujian selesai. Apabila nekat keluar ruangan sebelum waktu ujian berakhir, maka anda akan dianggap gagal atau melakukan kecurangan. Selain itu anda juga dilarang menggunakan alat komunikasi (Handphone dan sejenisnya), apabila ditemukan peserta yang menggunakan alat komunikasi akan dianggap melakukan kecurangan dan keikutsertaannya di dalam ujian dibatalkan.

Dalam aplikasi ujian bahasa Korea, anda nir diberikan lembar soal & jawaban, lantaran bentuk ujiannya adalah Ujian Berbasis Komputer (Computer Based Test/CBT), dimana peserta mengerjakan soal ujian & menjawab soal ujian dengan memakai personal komputer .

Sementara bentuk Ujian EPS-TOPIK adalah:

1. Ujian membaca (Pilihan ganda), sebesar 20 pertanyaan & berlangsung selama 25 mnt.

2. Ujian mendengar, sebesar 20 pertanyaan, jua berlangsung selama 25 mnt.

3. Ujian membaca & mendengar tersebut akan dilakukan tanpa ada jarak waktu istirahat.

4. Skor mininimal kelulusan EPS-TOPIK adalah 47.5 poin dan dipilih sesuai urutan hasil ujian dengan skor tertinggi, total nilai 100.

PENGUMUMAN HASIL UJIAN EPS-TOPIK

Setelah rampung mengikuti ujian EPS-TOPIK, selanjutnya menunggu pengumuman output ujian tersebut. Apakah anda lulus atau gagal. Pada tahap ini biasanya banyak sekali peserta yang berguguran alias tidak lulus. Sebagai contoh, jumlah peserta yang mengikuti Ujian EPS-TOPIK CBT Sektor Manufaktur pada tahun 2019 sebesar 23.091 orang, sementara yang lulus hanya dua.760 orang saja.

Hasil ujian EPS-TOPIK umumnya timbul sebulan selesainya ujian & umumkan pada situs BNP2TKI. Dan saat pengumumannya sudah terbit, selamat jika nama anda terlampir pada dalam daftar peserta yg lulus ujian. Tetapi tak perlu bergembira hiperbola jua. Sebab lulus ujian EPS-TOPIK sama sekali belum menjamin anda lulus bekerja ke Korea. Masih terdapat banyak sekali tahapan lain yg wajib dilalui. Tapi setidaknya menggunakan lulus ujian bahasa Korea, satu ujian telah sukses terlewati, & menjadi kapital buat mengikuti ujian termin kedua yaitu ujian keterampilan atau skill test. Karena syarat buat mengikuti ujian termin II (skill test) merupakan harus dalam ujian termin I (EPS-TOPIK).

Bagi yang belum lulus, harus bersabar, jangan menyerah, terus belajar, & mencoba daftar lagi pada registrasi-pendaftaran ujian EPS-TOPIK tahun-tahun berikutnya.

PENGUMUMAN JADWAL SKILL TEST

Bagi yg lulus ujian EPS-TOPIK, tahap selanjutnya merupakan menanti pengumuman jadwal test ketrampilan berdasarkan BNP2TKI. Kalau ingin bekerja pada Korea, mau nir mau memang wajib akrab dengan website BNP2TKI terutama pada menu G to G program penempatan TKI ke Korea. Pasalnya pada sanalah segala berita & pengumuman-pengumuman krusial seputar bekerja ke Korea bersumber. Bahkan ketika contohnya ada perubahan jadwal ujian, juga diumumkan pada sana.

Pengumuman jadwal ujian skill test umumnya berselang tidak lama selesainya sesudah pengumuman kelulusan ujian EPS-TOPIK. Sekitar semingguan. Dan waktu jadwal ujian skill test telah ada, anda wajib kembali mempersiapkan diri terutama bagi anda yang berdomisili di luar pulau Jawa. Lantaran test ketrampilan juga kembali dilaksanakan pada kota-kota pada pulau Jawa. Tinggal diadaptasi saja menggunakan lokasi yang terlampir pada pada pengumuman yg terdapat situs BNP2TKI.

MENGIKUTI TEST KETRAMPILAN

Untuk mengikuti Ujian Tahap II atau test ketrampilan ini, kelengkapan persyaratan yg wajib anda bawa diantaranya:

1. Asli Kartu Identitas diri (KTP/Paspor yang masih berlaku).

Dua. Asli Kartu Ujian Tahap I (EPS-TOPIK) Sistem Poin EPS Computer Based Test (CBT).

Saat melaksanakan test anda wajib menggunakan kemeja atau kaos berkerah, celana panjang atau bawahan rona gelap, dan memakai sepatu olahraga. Sama seperti ujian EPS-TOPIK, sebelum mengikuti test ketrampilan anda jua harus melakukan pembuktian sidik jari dalam ketika pendaftaran menggunakan menunjukkan kartu ujian & kartu indikasi pengenal boleh KTP elektro atau boleh paspor.

Saat melaksanakan tes keterampilan, anda tidak boleh menggunakan alat digital & komunikasi (Handphone & sejenisnya, laptop, tablet, music dan video players, kamera, atau indera telekomuniasi lainnya yang dapat merogoh & menyebarkan berita). Dan jika dalam waktu ujian berlangsung ditemukan peserta yg memakai indera digital dan komunikasi akan dipercaya melakukan kecurangan & keikutsertaannya pada dalam ujian dibatalkan.

Peralatan & perlengkapan buat ujian Tahap II (Skill Test) akan dipersiapkan dan disediakan pada ketika ujian pada loka pelaksanaan ujian, sebagai akibatnya anda tidak perlu membawa peralatan & perlengkapan apapun kecuali Kartu Tanda Pengenal (KTP/ Paspor) dan Kartu Ujian.

Skill test atau tes keterampilan terdiri dari tiga bagian, yaitu test kekuatan fisik, test wawancara dan tes kemampuan dasar, menggunakan skor total 100.

PENGUMUMAN HASIL TEST KETRAMPILAN

Selesai mengikuti test ketrampilan, selanjutnya adalah menanti pengumuman hasil tes tersebut apakah anda lulus atau nir. Pengumumannya lebih kurang 3 minggu sehabis tes. Dan nilai kelulusan akhir adalah penjumlahan nilai Ujian Tahap I & Ujian Tahap II, & diambil dari urutan skor nilai tertinggi.

Pada seleksi termin kedua ini umumnya jua banyak peserta yg nir lulus. Sebagai citra, yg lulus ujian tahap I atau ujian EPS-TOPIK CBT Sektor Manufaktur pada tahun 2019 merupakan dua.760 orang, lalu sesudah diseleksi di ujian termin kedua yaitu test ketrampilan, yang lulus tinggal 1.813 peserta.

Penetapan hasil kelulusan ujian mulai termin I (EPS-TOPIK) hingga ujian termin II (tes keterampilan) sepenuhnya merupakan kewenangan pihak HRD Korea, & output penetapan kelulusan tersebut nir bisa diganggu gugat.

PENGUMUMAN PEMBAGIAN E-SERTIFIKAT KELULUSAN

Bagi anda yang berhasil lulus ujian EPS-TOPIK dan tes keterampilan, tahap selanjutnya adalah menunggu pengumuman pembagian sertifikat kelulusan digital (e-sertifikat). Sertifikat digital tersebutlah yang akan anda gunakan untuk mengirim lamaran kerja ke pabrik-pabrik atau lowongan kerja lainnya di Korea Selatan. Dan tahap tersebut akan kami bahas di artikel berikutnya.

Baca Selanjutnya:Pembagian Sertifikat Digital (e-Sertifikat) Untuk Melamar Kerja ke Korea Selatan

Buat yang tidak lulus, nir perlu kecewa berkepanjangan. Masih terdapat kesempatan pada pendaftaran -registrasi berikutnya yang krusial dari segi usia masih memenuhi syarat.

Sedangkan buat yang lulus dan akan mendapatkan e-sertifikat, tidak perlu bergembira berkepanjangan juga, sebab lulus ujian bahasa dan test ketrampilan belum mengklaim anda bekerja ke Korea. Perjuangan belum selesai. Namun paling tidak menggunakan lulusnya anda di 2 test tersebut, anda semakin dekat menggunakan impian bekerja pada Korea Selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *